Heartburn dan Cara Mengatasinya

Tahukah Anda apa itu heartburn? Melihat dari namanya, Anda mungkin langsung berpikir bahwa ini berkaitan dengan jantung yang terbakar. Jika Anda berpikir demikian, sebenarnya tidak sepenuhnya salah. Hanya saja seseorang yang mengalami ini jantungnya tidak benar-benar terbakar, melainkan hanya sensasi panas saja yang dirasakan. Biasanya orang yang mengalami ini adalah penderita GERD atau naiknya asam lambung yang kurang memperhatikan penyebab asam lambung naik sehingga tidak berusaha menghindarinya.
Yap, heartburn memang kerap menjadi salah satu gejala dari GERD (Gastrosophageal reflux disease). Seseorang yang mengalami heartburn akan merasakan sensasi panas pada bagian dadanya dengan kadar berbeda pada setiap orang. Kondisi ini terjadi akibat dari naiknya asam lambung ke kerongkongan atau esofagus yang kemudian membuat esofagus mengalami iritasi.
Namun seringkali sensasi panas ini dirasakan pada area dada yang merupakan lokasi organ jantung. Hal inilah yang membuat banyak orang salah mengira heartburn sebagai gejala atau bahkan sama dengan heart attack. Akibatnya seseorang bisa mendapatkan penanganan yang salah. Apalagi jika penderita heartburn ini justru berusaha untuk mengatasinya sendiri tanpa bantuan dokter. Padahal  heartburn dan heart attack berbeda karena heartburn tidak berkaitan sama sekali dengan organ jantung.
Meskipun heartburn terdengar menakutkan, namun kenyataannya cukup banyak penderitanya yang mengabaikan penyakit ini. Padahal hal tersebut sangatlah tidak dianjurkan karena heartburn tidak hanya bisa menyebabkan terganggunya aktivitas, tetapi juga bisa berkembang menjadi komplikasi yang semakin parah. Sebab heartburn ini muncul akibat GERD dan GERD bukanlah sebuah penyakit yang boleh diabaikan begitu saja. Artinya untuk bisa mengatasi heartburn ini Anda harus terlebih dahulu menyembuhkan GERD yang sedang Anda derita.
Untuk mengatasi penyakit tersebut, Anda akan dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter agar mendapatkan obat yang tepat. Tidak hanya itu, Anda juga disarankan untuk mulai menghindari berbagai hal yang dapat memperparah GERD, seperti:

  • Makanan pedas
  • Makanan berlemak
  • Konsumsi alkohol
  • Merokok
  • Obesitas
  • Menggunakan pakaian yang memberi tekanan pada area perut
  • Makan tidak teratur

Tidak sulit, kan? Dengan menerapkan gaya hidup sehat dan melakukan terapi sesuai dengan yang dianjurkan oleh dokter yang menangani Anda, maka GERD akan dapat tertangani dengan baik sebelum berkembang menjadi semakin parah. (Vita)

Comments