Tuesday, January 13, 2015

Berbahayakan Kista dalam Tubuh?

Leave a Comment

Ketika kita mendengar bahwa ada tumor dalam tubuh, umumnya kita akan merasa takut dan panik. Namun, apakah memang semua tumor itu berbahaya? Jika kita melihat berdasarkan sifatnya, kita akan bisa
mengetahui bahwa tidak semua tumor itu berbahaya. Berdasarkan sifat keganasannya, tumor dapat terbagi menjadi 2 yaitu tumor ganas dan tumor jinak.
  1. Tumor ganas adalah jenis tumor yang bersifat ganas dan dapat menyebar ke sel atau jaring tubuh yang lain. Apalagi, jika sel tumor ganas ini telah ditumpangi sel kanker, maka ini akan sangat membahayakan hidup penderitanya. Jenis tumor yang kedua yaitu tumor jinak. Dikatakan bersifat jinak karena tidak secara langsung membahayakan hidup penderitanya. Namun, walaupun bersifat jinak bukan berarti penderitanya bisa mengabaikan begitu saja. Tumor jinak ini tetaplah harus segera diatasi, karena pada beberapa kasus yang pernah terjadi tumor jinak ini dapat berkembang menjadi tumor ganas.
  2. Tumor jinak memiliki banyak jenis, salah satu jenis yang paling umum ditemui yaitu kista. Kista adalah satu jenis tumor jinak yang berbentuk kistik, dapat berisi cairan kental, udara, nanah dan lainnya. Kista umumnya memiliki selaput, karena itulah kista tidak menyebar pada jaringan lain di sekitarnya. Pada perempuan khususnya, kista ini sangat umum ditemukan berada di ovarium dan dikenal dengan nama kista ovarium. Akan tetapi, kista ini juga sebenarnya dapat ditemukan di bagian tubuh lainnya termasuk di otak. Kista biasanya akan dapat disembuhkan melalui jalan operasi pengangkatan kista tersebut. Berdasarkan sifatnya, kista juga dapat dibagi menjadi 2 jenis yaitu:
  • Kista non-neoplastik merupakan jenis kista yang bersifat jinak dan dapat mengempes dengan sendirinya dalam waktu 2 hingga 3 bulan.
  • Kista neoplastik merupakan kista yang membutuhkan penanganan lebih lanjut untuk proses penyembuhannya, misalnya dengan operasi pengangkatan kista atau cara lainnya.
Melihat sifatnya yang tidak menyebar ke jaringan lain, kita bisa mengatakan bahwa kista tidaklah terlalu berbahaya bagi kesehatan kita. Namun, perhatikan juga lokasi keberadaan kista serta ukuran dari kista tersebut. Kista yang sudah memiliki ukuran terlalu besar tentunya akan menyebabkan rasa tidak nyaman pada tubuh, atau bahkan menimbulkan rasa sakit. Apalagi, jika kista berada di otak tentu saja harus segera ditangani dengan cara yang tepat.

Gaya hidup yang sehat untuk penderita tumor jinak maupun ganas sangatlah diperlukan. Bahkan, walaupun sudah tertangani oleh dokter melalui jalan operasi ataupun cara lainnya, namun akan lebih baik jika tetap menjaga gaya hidup. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit ini datang kembali. (Taz)

0 komentar:

Post a Comment

.