Jangan Gunakan Baju Baru Tanpa di Cuci

Hampir setiap bulan, umumnya orang akan memiliki koleksi baju baru alam lemarinya. Khususnya bagi perempuan yang senang berbelanja. Apalagi, dengan banyaknya online shop yang beredar saat ini, membuat berbelanja baju menjadi sangat mudah untuk dilakukan. Ada beberapa orang yang akan mencuci baju barunya tersebut sebelum digunakan. Namun, masih banyak juga orang yang menggunakan baju barunya tersebut tanpa mencucinya terlebih dahulu.
Kebiaaan ini mungkin terlihat sederhana dan bukan hal yang penting, namun tahukah kalian jika kebiasaan ini diteruskan dapat berbahaya bagi kesehatan.


Ada banyak hal yang dapat membuat kebiasaan menggunakan baju baru tanpa dicuci menjadi berbahaya bagi kesehatan, antara lain:
  • Tidak higienis
Kalian pasti tidak tahu bagaimana kebersihan dari baju yang kalian beli. Dari mulai proses pembuatan hingga baju tersebut sampai ke tangan kalian. Bagaimana kondisi penyimpanan kain saat proses pmbuatan, penyimpanan baju saat digudang dan berbagai hal lainnya. Bisa saja ada banyak hal yang menepel pada kain selain debu. Hal ini akan membuat baju menjadi tidak higienis dan bahkan bisa beresiko buruk bagi kesehatan.
  • Beresiko tertular penyakit kulit
Tidak hanya kalian yang mencoba baju tersebut saat masih berada di dalam toko. Bisa saja baju tersebut telah di coba oleh beberapa orang dan tentunya kalian tidak tahu bagaimana kesehatan orang yang telah mencobanya kan. Bisa saja, orang lain yang pernah mencoba baju yang kalian beli memiliki penyakit kulit yang menular. Jika kalian langsung menggunakan tapa mencucinya terlebih dahulu, tentunya kalian akan mengalami resiko tertular penyakit tersebut.
  • Zat Berbahaya yang terkandung dalam kain
Jangan lupa bahwa pada saat kain dibuat, pasti menggunakan berbagai zat kimia. Zat kimia ini akan tetap menempel pada kulit selama belum mengalami proses pencucian. Apakah zat kimia yang digunakan aman atau tidak untuk kesehatan, tentunya kalian tidak tahu dengan pasti. Namun, jika ternyata zat kimia yang digunakan tidak aman untuk kesehatan, maka kalian bisa saja mengalami alergi, iritasi, atau bahkan kanker kulit. (Taz)

Comments