Tuesday, March 10, 2015

Jangan Salah Membedakan RAM dan ROM

Leave a Comment

RAM dan ROM merupakan salah satu komponen yang pasti ada di dalem komputer (baik PC maupun laptop) dan gadget. Banyak orang yang ingin membeli komputer atau gadget hanya mengetahui bahwa jika mereka membeli komputer atau gadget dengan RAM dan ROM yang lebih tinggi artinya kualitasnya pasti bagus. Meskipun, mereka sebenarnya tidak memahami apa itu RAM dan ROM, serta apa fungsi sebenarnya dari kedua komponen tersebut. Bahkan, tidak jarang juga orang yang menyamakan antara RAM dan ROM. Umumnya, hal ini karena orang tersebut masih sangat awam dengan teknologi.

Memilih komputer ataupun gadget dengan RAM dan ROM yang tinggi memang pilihan yang benar, karena dengan begitu performanya akan lebih cepat dibanding yang bernilai rendah. Agar lebih dapat memahami mengenai RAM dan ROM, simak penjelasannya berikut ini:
  • RAM (Random Access Memory)
Sebuah ruang penyimpanan di dalam komputer atau gadget yang bersifat sementara. RAM ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara saat sebuah program sedang dijalankan. RAM dapat menyimpan data selama komputer atau gadget masih memiliki sumber listrik, atau bisa dikatakan RAM menggunakan listrik dalam proses penyimpanannya. Seluruh data yang ada pada RAM akan menghilang ketika komputer atau gadget mati. RAM diukur dalam besaran Megabyte dan Gigabyte, serta kecepatannya diukur dalam nanodetik. RAM dapat membaca data lebih cepat jika dibandingkan dengan ROM. Ada dua tipe RAM yang umum digunakan, yaitu DRAM (Dynamic RAM)dan SRAM (Static RAM).
  • ROM (Read Only Memory)
Sesuai namanya, data pada ROM hanya dapat dibaca dan tidak dapat ditulis. Proses penulisan data pada ROM adalah menggunakan cara khusus dan biasanya data pada ROM telah disimpan oleh pabrik (Produsen komputer dan gadget). Data yang disimpan dalam ROM contohnya adalah berbagai software, gambar atau musik yang menempel pada komputer atau gadget. Data-data ini tidak akan hilang meskipun komputer atau gadget dimatikan, karena ROM tidak membutuhkan sumber listrik. (Taz)

0 komentar:

Post a Comment

.