Monday, March 9, 2015

Pentingkah Memperkenalkan Teknologi Internet Pada Anak?

Leave a Comment

Teknologi internet yang semakin berkembang saat ini, sering dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis dan sebagai sumber informasi saja. Untuk kebutuhan bisnis, Internet umumnya digunakan sebagai salah satu media promosi maupun sebagai salah satu media komunikasi (chatting dan email). Dengan memanfaatkan teknologi internet ini, maka seseorang akan dapat berhubungan dengan rekan bisnisnya tanpa terbatas oleh jarak.

Teknologi internet ini tidak hanya dimanfaatkan oleh orang dewasa saja, tetapi juga oleh anak-anak. Bahkan, banyak juga anak yang masih dibawah umur yang sudah mulai mengenal teknologi internet ini. Beberapa anak ini, memang diperkenalkan mengenai teknologi ini sejak awal oleh orang tuanya. Umumnya, anak-anak dibawah umur ini memanfaatkan internet untuk bermain game online atau social media.

Memperkenalkan teknologi internet sejak anak masih kecil bukanlah hal yang salah. Ini akan lebih baik jika dibandingkan anak mengenal teknologi ini dari luar. Saat orang tua memperkenalkan internet pada anak, orang tua bisa memberikan pengarahan pada anak mengenai hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Sementara, jika sang anak mengenal teknologi ini dari luar maka orang tua tidak bisa mengawasi sang anak. Apalagi, jika anak mengenal teknologi ini dari anak seusianya yang masih sama-sama tidak mengetahui mana yang benar dan salah.

Dalam dunia maya (internet) hal yang positif maupun negatif tercampur menjadi satu. Kita bisa mendapatkan berbagai informasi yang bermafaat, berhubungan dengan teman-teman dimanapun, dan mencari berbagai hal bermanfaat lainny. Namun, dalam dunia ini pula kita bisa menemukan berbagai hal negatif dan kasus kejahatan (pornografi, penipuan, penculikan, dan sebagainya). Karena itulah, sangat penting sekali bagi orang tua untuk melakukan pengawasan pada anak saat memanfaatkan teknlogi ini.

Selain dari pengawasan terhadap pemanfaatannya, orang tua juga harus mampu untuk mengatur waktu sang anak saat menggunakan teknologi ini. Membiarkan anak bermain internet agar anak diam dan tidak mengganggu orang tua beraktivitas sering sekali dilakukan, padahal sebenarnya ini bukanlah cara yang tepat. Jika anak dibiarkan terlalu lama bermain internet (baik untuk social media maupun game online) anak akan bisa kecanduan pada teknologi ini, dan bisa melupakan hal-hal penting disekelilingnya. Tetap beri batasan pada anak saat menggunakan teknologi ini akan membuat anak lebih bertanggungjawab. (Taz)

0 komentar:

Post a Comment

.