Sunday, March 15, 2015

Tips Agar Baterai Laptop Tahan Lama

Leave a Comment

Untuk kebutuhan komputernya, saat ini banyak masyarakat yang memilih untuk menggunakan laptop dibandingkan dengan PC. Ada banyak alasan mengapa seseorang lebih memilih menggunakan laptop, salah satunya yaitu rasa praktis. Laptop memang mudah dibawa kemanapun, karena itulah untuk urusan pekerjaan laptop memang lebih praktis daripada PC. Kita bisa bekerja kapanpun dan dimanapun dengan menggunakan laptop.

Namun, ada satu hal yang tidak akan pernah terlepas dari laptop yaitu baterai laptop. Sama seperti barang elektronik lainnya, laptop akan membutuhkan listrik sebagai sumber listriknya. Baterai merupakan sumber listrik bagi laptop, dan ketika baterai dalam keadaan kosong tentunya kita harus kembali mengisi baterai tersebut (mencharge baterai). Baterai laptop ini merupakan hal yang sangat penting bagi laptop dan harus dijaga agar awet. Namun, perlakuan yang salah sering membuat baterai laptop menjadi tidak awet, antara lain:
  • Menunggu hingga baterai dalam kondisi benar-benar habis (0%) sebelum mengisi ulang baterai merupakan cara yang salah. Kondisi ini dapat membuat baterai laptop menjadi stres dan mudah rusak. Ada baiknya jika mengisi ulang baterai saat kondisi baterai sudah mencapai 20% atau 30%.
  • Mengisi ulang baterai sambil menggunakan akan dapat memperpendek umur baterai. Sebaiknya, jika kita sedang menggunakan laptop dan kemudian baterai sudah habis segera matikan laptop dan kemudian isi ulang baterai hingga penuh. Gunakan kembali laptop saat proses pengisian ulangnya sudah selesai.
  • Saat lampu indikator menunjukkan baterai sudah terisi penuh, sebaiknya segera cabut sumber listriknya. Meskipun ada beberapa jenis laptop yang memiliki kemampuan untuk memutskan arus listrik secara otomatis saat baterai sudah penuh, namun kita tidak mengetahui dengan pasti bagaimana kondisi laptop kita.
  • Menggunakan laptop diatas kasur atau sejenisnya tidak hanya dapat membuat laptop menjadi panas, tetapi juga dapat membuat baterai menjadi panas.
  • Layar yang terlalu terang, mengaktifkan seluruh fitur (WiFi, Bluetooth), menggunakan aplikasi besar (beberapa jenis game) akan membuat baterai bekerja lebih keras. Sebaiknya matikan berbagai fitur ketika tidak digunakan, atur layar agar tidak terlalu terang dan gunakan aplikasi yang wajar pada laptop kita. (Taz)

0 komentar:

Post a Comment

.