Memilih Knalpot yang Tepat untuk Motor Kesayangan

Setelah merawat mesin dengan menggunakan oli motor terbaik, tentunya kita ingin dong motor terlihat lebih menarik dan tampil berbeda dari motor standar. Untuk mendapatkannya, kita bisa melakukan beberapa modifikasi pada body atau beberapa aksesoris motor kita. Misalnya dengan memasang stiker, mengganti kaca spion atau mengganti knalpot. Nah, untuk modifikasi yang terakhir ini, merupakan salah satu jenis
modifikasi yang sangat sering dilakukan oleh para pemilik kendaraan bermotor. Namun sayangnya, pemilihan knalpot yang salah terkadang justru membuat motor performa motor menjadi berkurang, tampilan motor terlihat aneh dan tidak enak dilihat, atau dimarahi oleh orang-orang disekitar kita akibat suaranya yang mengganggu.

Supaya kita tidak salah dalam memilih knalpot motor, ada beberapa hal yang harus kita ketahui dan pertimbangkan, antara lain:
  • Bentuk dan ukuran knalpot
Dimensi, panjang kualitas pengelasan dan jumlah lekukan yang ada pada knalpot sebenarnya tidak hanya berdampak pada tampilan knalpot saja, tetapi juga berpengaruh pada performa motor. Knalpot yang sesuai akan dapat meningkatkan performa motor, namun jika kita memilih knalpot yang memiliki terlalu banyak lekukan akan menghambat performa motor. Hal ini disebabkan karena lekukan tersebut akan menghambat sisa pembuangan. Untuk kesesuaian dengan model motor sendiri, kita bisa menanyakannya langsung pada ahlinya, bentuk knalpot seperti apakah yang paling sesuai dengan model motor kita.
  • Kualitas knalpot
Meskipun beberapa model knalpot terlihat mirip, namun terkadang terdapat perbedaan pada bahan yang digunakan. Hal ini tentunya akan berpengaruh pada harga dan kualitas knalpot. Jika knalpot asli, biasanya harga yang ditawarkan akan cukup tinggi, namun setara dengan kualitas yang diberikan. Menggunakan knalpot asli juga dapat meningkatkan performa motor, dan akan diberikan garansi jika terjadi kerusakan dalam batas waktu tertentu. Sedangkan, knalpot yang lebih murah (KW) memiliki kualitas yang rendah, dan tidak terlalu mempengaruhi performa mesin. Bahkan, jika dibuat secara asal-asalan, knalpot ini bisa menurunkan performa atau merusak mesin motor.
  • Peredam suara knalpot
Pasti kesal dong kalau mendengan motor dengan knalpot yang suaranya bising? Nah, disinilah fungsi dari peredam suara pada knalpot. Mungkin kita pernah melihat motor dengan knalpot racing yang memiliki suara khas motor racing namun tidak pecah, sehingga tidak membuat telinga kita sakit ketika mendengarnya. Hal ini disebabkan karena peredam pada knalpot ini bagus. Sedangkan, suara knalpot yang terdengar bising dan membuat telinga kita sakit ketika mendengarnya, bisa disebabkan karena peredam yang tidak berfungsi sempurna. Bahkan, banyak orang yang merasa semakin keren jika motornya mengeluarkan suara bising, sehingga melepaskan peredam suara pada knalpot motornya. Hal ini tentunya akan sangat mengganggu orang disekitarnya.
Menginginkan motor kita tampil lebih gagah sih boleh-boleh saja, tapi jangan sampai mengganggu orang lain ya. (Vita)

Comments