Aman Berkendara Saat Hujan

Banyak orang yang menyukai hujan. Akan tetapi, banyak orang yang tidak suka bepergian saat hujan. Bahkan, meskipun pergi dengan mobil sendiri sekalipun. Risiko macet ketika dijalan dan  meningkatnya risiko kecelakaan yang membuat kita harus berurusan dengan Asuransi Mobil, menjadi salah satu penyebab mengapa mereka malas berkendara saat hujan. Akan tetapi, tidak mungkin kan setiap hujan kita tidak pergi kemana-mana. Apalagi jika hujan setiap hari, masa iya kita mendekam saja di rumah dan tidak melakukan aktifitas apapun.

Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang sebaiknya kamu lakukan agar aman berkendara saat sedang hujan:
  • Pastikan kondisi mobil fit

Mobil bermasalah saat ditengah berkendara bukanlah hal yang menyenangkan, apalagi ketika sedang cuaca hujan. Sebab itulah, pastikan mobil dalam kondisi fit. Tidak hanya mesin saja, tetapi juga komponen lainnya. Seperti ban yang tidak licin, AC yang menyala sempurna, lampu yang masih cukup terang, dan berbagai hal lainnya. Mungkin jika dalam kondisi cuaca normal, AC tidak menjadi komponen yang membahayakan ketika mengalami masalah. Sebab, kamu hanya tinggal membuka jendela agar udara dapat masuk. Namun, ketika hujan turun, udara diluar dan didalam mobil tidak akan seimbang jika AC tidak menyala. Akibatnya, kaca akan berembun dan dapat mengganggu pandanganmu saat menyetir.
  • Jangan nyalakan lampu hazard

Begitu hujan deras yang disertai cuaca gelap, lampu hazard langsung dinyalakan. Alasannya, agar mobil disekitar dapat melihat keberadaan mobilmu. Padahal, hal ini sangat salah. Dalam kondisi ini, menyalakan lampu besar atau lampu kabut saja sudah cukup untuk menunjukkan ke pengendara lain bahwa ada mobilmu dilokasi tersebut. Menyalakan lampu hazard hanya akan membuat pengendara lain ingung dengan arah yang ingin dituju mobilmu, dan justru meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan.
  • Posisikan tangan selalu di atas kemudi

Selalu memposisikan tangan di atas kemudi (kecuali saat sedang mengganti gigi) merupakan hal yang sangat penting. Artinya, hindari menyetir dengan satu tangan yang sibuk melakukan aktivitas lain, seperti mengetik pesan, makan, atau aktivitas apapun yang akan membuat responmu terhadap berbagai hal disekitar menjadi lambat.
  • Selalu waspada terhadap kondisi sekitar

Ketika cuaca sedang hujan, banyak pengendara motor atau pengendara jalan yang menjadi kurang waspada. Hal ini disebabkan karena mereka berusaha sampai dilokasi tujuan secepat-cepatnya. Kamu sebagai pengendara mobil harus maklum akan kondisi tersebut, dan wajib untuk lebih waspada agar tidak membahayakan mereka dan dirimu sendiri. (Vita)

Comments