Fakta Seputar Kredit Tanpa Agunan

Mengajukan pinjaman uang saat sedang dalam kesulitan keuangan adalah hal yang biasa dilakukan oleh masyarakat. Baik meminjam uang pada teman, saudara, atau lembaga keuangan resmi dan tidak resmi. Di antara semua bentuk pinjaman yang umum digunakan oleh masyarakat saat ini, KTA menjadi salah satu pilihan ssebagai sumber dana. Alasannya? Sebab kredit ini tidak membutuhkan jaminan apapun.
Yap, KTA atau Kredit Tanpa Agunan adalah salah satu jenis produk keuangan yang dimiliki oleh lembaga keuangan bank. Produk ini memungkinkan nasabah maupun non nasabah untuk mengajukan pinjaman tanpa menyerahkan jaminan apapun. Berbeda dengan pinjaman lain yang harus menyerahkan benda (gadai) ataupun sertifikat properti sebagai jaminan. Meskipun begitu, bukan berarti bank akan begitu saja menyerahkan uang yang Anda butuhkan tanpa adanya jaminan apapun mengenai kemampuan Anda membayar.
Untuk masalah jaminan ini, pihak bank akan meminta fotokopi dari kredit Anda. Tidak hanya itu saja, bank hanya akan menerima kartu kredit jika setidaknya sudah berusia 1 tahun. Sebab, dari data transaksi dalam kartu kredit itulah bank akan memberikan penilaian mengenai kemampuan bayar Anda. Jika ternyata ada tunggakan dalah kartu kredit Anda, maka bersiaplah pengajuan KTA Anda akan ditolak.
Tidak hanya itu saja, pihak bank juga umumnya akan menanyakan terlebih dahulu berapa banyak kartu kredit yang Anda miliki. Jangan terlalu bangga jika Anda memiliki terlalu banyak kartu kredit yang aktif, karena bank memiliki perhitungan atas ini. Jika penghasilan Anda masih termasuk kategori standar dan Anda memiliki lebih dari 2 kartu kredit yang aktif digunakan, maka beban cicilan Anda akan semakin bertambah dengan adanya KTA. Apakah dengan penghasilan yang Anda miliki sekarang, akan cukup untuk membayar semua tagihan kredit Anda? Jika bank merasa nominalnya tidak mungkin, maka bank juga akan menolak pengajuan KTA Anda.
Mungkin Anda yang belum memiliki kartu kredit tapi sedang berencana mengajukan KTA merasa kecewa dengan fakta di atas. Namun, jangan sedih dulu. Sebab, Anda masih bisa mengajukan KTA meskipun tidak memiliki kartu kredit. Caranya? Dengan menjadi nasabah dari bank yang bersangkutan. Yap, beberapa bank memberikan fasilitas khusus kepada nasabahnya dengan mengizinkan nasabahnya mengajukan KTA tanpa kartu kredit. Namun tentunya, fasilitas tersebut bisa berbeda pada setiap bank.
Selain dari syarat pengajuan KTA, ada satu hal penting yang juga harus kamu pahami, yaitu mengenai bunga pinjaman. Meskipun sudah diatur oleh Bank Indonesia mengenai batasan bunga pinjaman, tapi bunganya terbilang lumayan tinggi. Jadi, ada baiknya jika Anda mencari informasi terlebih dahulu mengenai bunga pinjaman yang diberikan oleh bank dan juga memahami produk KTA sebelum mengajukan pinjaman. (Vita)

Comments