Dyslexia Bukan Berarti Bodoh


Seringkali ketika seorang anak mengalami kesulitan dalam belajar, orang lain akan menganggap anak tersebut bodoh. Jika memang hal ini terjadi pada orang-orang disekitar kita, terutama jika terjadi pada salah satu keluarga kita sebaiknya jangan langsung memberikan penilaian, tapi cari tahu terlebih dahulu apa
penyebabnya. Apalagi jika kesulitan belajar yang dialami oleh anak tersebut menyangkut masalah membaca dan menulis, karena jika memang ini yang terjadi bisa jadi anak tersebut mengalami Dyslexia.

Mungkin belum banyak yang mengenal penyakit ini. Dyslexia merupakan salah satu intellectual disability, yaitu suatu masalah yang terjadi pada seseorang sehingga orang tersebut mengalami kesulitan belajar. Dyslexia biasanya ditandai dengan terganggunya kemampuan membaca serta kemampuan menulis pada seseorang. Penderita Dyslexia mengalami kesulitan dalam mengenali dan mengartikan suatu kata, memahami isi bacaan serta mengenali bunyi. Tentunya ini akan menghambat kegiatan belajar mengajar anak tersebut, sekalipun memiliki tingkat intelegensi yang normal.

Untuk lebih memahami, berikut ini adalah tanda-tanda seseorang menderita Dyslexia:
  • Sering salah membaca huruf atau kata, terutama yang memiliki kemiripan, seperti huruf “p” dengan huruf “q” atau kata “marah” dengan kata “ramah”.
  • Seringkali salah menyusun huruf untuk membentuk suatu kata, contohnya seperti kata “dia” jadi “bia”.
  • Sulit membaca dan mengeja kata tunggal.
Meskipun memiliki kekurangan, namun jika ditangani dengan cara yang tepat, banyak juga penderita Dyslexia yang dapat bersosialisasi secara normal di masyarakat. Bahkan, banyak dari mereka yang berhasil sukses. Karena itulah, jangan pernah merendahkan seseorang yang menderita Dyslexia. (Taz)

Comments