Mengatasi Penyebab Kegagalan Bisnis


Membangun sebuah bisnis itu tidak mudah, apalagi di tengah kompetisi yang semakin meningkat seperti saat ini. Memiliki jaringan bisnis yang luas cukup membantu, namun jika kita menjalankan bisnis dengan cara yang salah, maka bisnis kita tetap akan sulit bertahan. Mungkin kita sering melihat di suatu daerah banyak yang menjual makanan dengan jenis yang sama. Namun, dari banyaknya bisnis yang sama tersebut hanya

beberapa saja yang ramai didatangi pengunjung, sementara sisanya jarang atau bahkan sama sekali tidak di kunjungi oleh konsumen. Dari kasus ini dapat terlihat, bahwa bukan hanya produk yang kita jual yang dapat menarik minat konsumen untuk datang, tetapi juga ada faktor lainnya.
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi mengapa konsumen memilih sebuah tempat untuk memenuhi kebutuhannya daripada tempat yang lain, meskipun semua tempat tersebut menyediakan produk yang sama. Faktornya yaitu:
  • Pilihan Produk dan Tawaran Harga
Tempat yang menawarkan pilihan lebih banyak biasanya akan lebih dapat menarik minat konsumen. Hal ini tidak hanya berlaku pada usaha yang menghasilkan suatu produk barang saja, tetapi juga produk jasa. Selain dari ragam pilihan, di tempat yang memiliki tingkat persaiangan ketat harga akan menjadi sesuatu yang sensitif. Jika kita tidak pandai dalam menentukan harga maka konsumen akan mudah untuk mencari perbandingannya di tempat yang lainnya.
  • Lokasi
Konsumen akan cenderung mencari barang/jasa yang dibutuhkan ketempat yang paling dekat dengan lokasinya saat ini. Karena itulah penentuan lokasi usaha yang strategis sangatlah penting. Tapi ingat, lokasi yang selalu ramai di lalui orang belum tentu tepat untuk usaha. Sebelum memilih lokasi yang ramai harus diperhatikan apakah orang-orang tersebut hanya sekedar lewat ataukah tipe orang-orang yang konsumtif.
  • Keramahan Pelayanan
Walaupun lokasi yang kita pilih sudah tepat, namun jika pelayanan yang kita berikan mengecewakan maka konsumen akan lebih memilih pergi ke tempat yang lain. Karena itulah sangat penting untuk memperhatikan kualitas pelayanan.
  • Keseriusan
Tidak hanya kualitas pelayanan, kondisi tempat usaha juga sangat penting untuk diperhatikan. Kelengkapan produk, kenyamanan setiap konsumen yang datang serta kebersihan akan menunjukkan seberapa serius kita memperhatikan usaha yang kita buka.
  • Promo
Pada tahap awal, memberikan promo untuk konsumen akan sangat bermanfaat. Bahkan ketika usaha sudah di buka beberapa lama, tidak ada salahnya jika kita memberikan promo untuk menarik minat konsumen. (Taz)

Comments