Thursday, January 8, 2015

Beragam Makanan Khas Cirebon

Leave a Comment

Hampir di setiap daerah memiliki makanan khas nya. Seperti Bali yang memiliki beragam makanan khas Bali, Kota Cirebon pun memiliki makanan khas yang wajib dicoba setiap wisatawan yang datang ke kota ini. Beberapa jenis makanan ini mungkin bisa kalian temukan di sekitar daerah kalian, tetapi jika makan langsung di Kota asal makanan ini tentunya akan memberikan kesan yang lebih spesial.

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan khas Cirebon yang wajib kalian coba:
  • Nasi Lengko
Makanan khas Cirebon yang satu ini kaya akan protein dan serat, karena bahan utamanya yaitu sayuran dan sama sekali tidang mengandung daging. Nasi lengko adalah nasi putih biasa yang di campur dengan tauge, mentimun, tahu, tempe, daun kucai yang dipotong kecil-kecil, bawang goreng dan dilengkapi dengan bumbu kacang. Untuk menambah kenikmatannya, biasanya nasi lengko akan disajikan dengan sate kambing secara terpisah. Jadi, bagi kalian yang tidak menyukai sate kambing tidak perlu khawatir.
  • Nasi Jamblang
Makanan khas Cirebon ini akan mudah kalian temukan di beberapa pinggir jalan di Kota Cirebon. Ciri khas dari nasi jamblang adalah nasinya dibungkus dengan menggunakan daun jati. Porsi nasi ini tidak terlalu besar, sehingga terkadang pengunjung bisa menghabiskan lebih dari 1 bungkus nasi sekali makan. Lauk yang disajikan akan tersusun rapih di meja panjang, dan pengunjung bebas memilih serta mengambil sendiri lauk apapun yang diinginkannya. Lauk yang di sajikan sangat beragam, seperti ikan asin, tempe goreng, telur balado, daging serundeng, dan sebagainya.
  • Empal Gentong
Mungkin ini adalah salah satu makanan khas Cirebon yang menjadi favorit para pengunjung yang datang di kota ini. Makanan ini dinamakan empal gentong karena proses pemasakannya yang memang menggunakan gentong dan kayu bakar. Daging yang digunakan yaitu bagian daging, usus dan babat. Namun, bagi kalian yang tidak menyukai usus atau babat, kalian bisa meminta agar hanya menggunakan daging saja. Sambal yang digunakan pada makanan ini adalah cabai kering yang sudah di haluskan, dan biasanya makanan ini disajikan dengan nasi atau lontong.
  • Empal Asem
Empal asem tidak berbeda jauh dengan empal gentong, hanya saja rasanya lebih asam dan kuahnya juga terlihat lebih bening. Biasanya, empal asem dijual di tempat yang sama dengan empal gentong, hanya saja tidak semua restoran yang menyediakan empal gentong juga memiliki empal asem dalam menunya.


Selain menikmati beragam makanan khas Cirebon, ada satu hal yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke kota ini, yaitu mengunjungi beragam tempat wisata di Kuningan.(Taz)

0 komentar:

Post a Comment

.