Thursday, January 29, 2015

Menonton Film juga Bermanfaat Loh

Leave a Comment
Suka menonton Film? Sebagian besar orang pasti suka melakukannya, baik menonton di Bioskop atau menonton di rumah. Bahkan, ada beberapa orang yang selalu menonton di bioskop setiap ada film baru yang keluar. Alasannya, bisa jadi karena memang hobi menonton atau hanya karena ingin selalu update dengan semua film terbaru.

Banyak yang berfikir bahwa menonton hanyalah kegiatan yang sia-sia dan membuang-buang waktu. Padahal, menonton itu memiliki banyak manfaat juga. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang di dapat dengan menonton baik di rumah ataupun dibioskop:
  • Meningkatkan imajinasi
Imajinasi ini bisa bermanfaat untuk meningkatkan daya kreativitas. Saat kita menonton film fiksi yang berjenis fantasi, daya imajinasi kita secara tidak langsung akan ikut berkembang.
  • Menenangkan pikiran
Film komedi sangat bermanfaat untuk menenangkan pikiran, karena dengan tertawa bisa menurunkan hormon stres dalam tubuh kita.
  • Mempelajari hal baru
Beberapa film yang bersifat informatif seperti film dokumenter akan menambah wawasan kita tentang suatu hal. Kita juga bisa memilih film bertema science untuk menambah pengetahuanmu di bidang tersebut.
  • Membantu mempelajari bahasa asing
Menonton film asing akan membantu kita mempelajari bahasa mereka. Saat menonton, kita akan mendengarkan apa yang mereka katakan, dan membaca subtitle untuk mengetahui arti kalimatnya. Jika kita suka dengan yang diucapkan, biasanya kita akan selalu mengingatnya.
  • Berfikir kritis
Film dengan genre detective bisa membuat kita berfikir lebih kritis, juga meningkatkan kemampuan analisa kita. Saat film berlangsung, kita pasti tidak hanya akan mengikuti alur ceritanya saja, tetapi juga berusaha menebak siapa penjahatnya dan bagaimana orang tersebut melakukannya.
  • Memotivasi
Beberapa film biografi bisa memotivasi kita untuk berusaha lebih giat mengejar impian. Contoh nyata yang ditampilkan pada film akan membuatmu merasa lebih yakin, bahwa tidak ada hal yang tidak mungkin selama kita berusaha.

Meskipun menonton memiliki banyak manfaat, namun akan menjadi hal yang negatif jika dilakukan secara berlebihan. Apalagi, jika kita menonton film yang bersifat negatif dan tidak mendidik, misalnya saja dengan film yang penuh dengan adegan kekerasan tanpa alasan yang jelas atau yang bersifat pornografi. Sebaiknya, kita juga menyesuaikan genre film dengan usia kita. (Taz)

0 komentar:

Post a Comment

.