Friday, January 23, 2015

Pilihan Pengobatan Kista Otak

Leave a Comment

Kista adalah salah satu jenis tumor jinak yang paling sering ditemukan. Meskipun termasuk kategori tumor jinak, namun bahaya pada kista tetaplah membutuhkan penangan yang tepat. Pada wanita, umumnya kista
terdapat pada ovarium. Karena itulah, ketika seorang perempuan mengatakan bahwa dia memiliki kista, banyak yang akan langsung menyimpulkan bahwa dia memiliki kista ovarium. Namun, pada kenyataannya kista sebenarnya tidak hanya tumbuh di ovarium saja, tetapi juga bisa tumbuh di bagian tubuh lainnya, seperti pada otak. Kista yang terdapat pada otak memang termasuk kategori jarang ditemukan, namun bukan berarti tidak ada.

Dibandingkan dengan jenis kista yang terdapat pada bagian tubuh lainnya, biasanya kista pada otak  mendapatkan perhatian khusus. Hal ini berkaitan dengan otak yang merupakan pusat dari segala aktifitas tubuh manusia, sehingga jika terdapat masalah pada otak tentunya akan sangat mengganggu. Pada kasus kista otak, sebenarnya ada beberapa pilihan pengobatan. Namun, tentu saja hal ini juga tergantung pada kondisi si pasien. Karena itulah, ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter yang menangani penyakit tersebut mengenai kondisi penyakit kita. Berikut ini adalah beberapa pilihan pengobatan kista otak:
  • Mengatur pola makan
Kita bisa mengobati kista otak dengan cara mengatur pola makan kita, terutama untuk masalah menu makanan. Kista juga akan membutuhkan sumber makanan untuk tetap dapat hidup dan berkembang, karena itulah kita harus berusaha agar kista tersebut tidak mendapatkan sumber makanan dengan cara mengatur menu makanan kita. Memperbanyak makanan yang mengandung antioksidan tinggi akan sangat bermanfaat untuk mengobati kista. Selain itu, kita juga perlu untuk mengurangi konsumsi berbagai makanan yang justru dapat membantu perkembangan kista. Bagi seseorang yang tidak memiliki kista atau jenis tumor lainnya, mengatur pola makan juga bermanfaat untuk menghindari penyakit tumor.
  • Obat-obatan herbal
Berbagai obat-obatan herbal saat ini juga banyak yang sudah tersedia dan diyakini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kista, termasuk juga kista otak. Saat mengkonsumsi obat-obatan herbal ini, sebaiknya kita benar-benar memperhatikan tata caranya agar pengobatannya menjadi efektif. Meminum obat herbal disertai dengan pengaturan pola makan, akan mempercepat proses penyembuhan. Namun, penyembuhan dengan cara inipun membutuhkan waktu cukup lama dan haruslah tepat waktu setiap jadwal meminum obatnya.
  • Operasi Pengangkatan
Cara ini adalah cara paling cepat untuk mengobati kista otak. Namun, karena posisi kista berada pada otak maka ini biasanya akan menjadi cara yang terakhir dipilih, karena memiliki resiko yang cukup tinggi. Operasi pengangkatan umumnya dilakukan jika ukuran kista sudah cukup besar sehingga mengganggu kinerja otak, kista berada dalam lokasi yang membutuhkan penanganan cepat, atau kondisi lain yang menyebabkan penanganan kista harus dilakukan secepatnya. (Taz)

0 komentar:

Post a Comment

.