Tuesday, January 20, 2015

Serunya Berwisata ke Gedong Songo

Leave a Comment

Bagi kalian yang senang dengan wisata sejarah, pasti akan sangat tertarik untuk mengunjungi candi yang satu ini. Candi yang dikenal dengan nama gedong songo ini merupakan tempat wisata sejarah yang berada di kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Candi ini merupakan kompleks percandian peninggalan Hindu.
Candi ini ditemukan oleh Raffles pada tahun 1804, dan diyakini merupakan peninggalan dari zaman Wangsa Syailendra pada abad ke – 9, sekitar tahun 927 masehi.

Untuk mencapai tempat wisata ini tidak diperlukan perjuangan panjang, karena sangat mudah untuk dicapai. Perjuangan justru akan dibutuhkan ketika kita sudah sampai dilokasi wisata ini. Tidak seperti kompleks candi prambanan yang semua candinya berkumpul dalam satu lokasi, seluruh candi di tempat ini terpencar pada beberapa titik. Jarak antar satu candi ke candi yang lainnya berbeda-beda, ada yang memiliki jarak cukup dekat tetapi ada juga yang berjarak cukup jauh.

Untuk dapat mengunjungi keseluruhan candi yang ada di tempat wisata ini, kita haruslah menempuh perjalanan cukup jauh dengan berjalan kaki, ditambah lagi dengan kondisi jalannya yang berbukit sehingga kita perlu untuk naik turun tangga dibeberapa lokasi. Tangganya dibuat cukup landai, sehingga kita tidak akan merasa terlalu lelah ketika harus naik dan turun tangga. Bagi wisatawan yang tidak kuat untuk berjalan kaki menempuh jarak yang jauh, bisa memanfaatkan transportasi kuda yang tersedia di tempat ini.

Pemandangan yang ditawarkan oleh tempat wisata gedong songo ini sangatlah indah, ditambah dengan udara yang masih segar sangatlah bermanfaat untuk menyegarkan pikiran kita. Meskipun kita harus berjalan cukup jauh, namun karena ditemani dengan pemandangan indah disepanjang perjalanan, akan sedikit mengurangi rasa lelah kita. Lagipula, kita akan bisa beristirahat sejenak ketika kita sampai di salah satu candi untuk menghilangkan rasa lelah.

Di candi-candi tersebut kita bisa memanfaatkan waktu untuk beristirahat sekaligus berfoto-foto. Diantara candi ke III dan candi ke IV terdapat sumber air panas dengan kadar belerang yang cukup tinggi. Wisatawan dapat beristirahat disini sambil menikmati air hangat. Meskipun pada beberapa bagian candi terlihat tidak lagi utuh, namun keindahan candi ini masih tetaplah terlihat dan menarik untuk dikunjungi. (Taz)

0 komentar:

Post a Comment

.