Mendapatkan Tidur yang Berkualitas


Pada umumnya, setiap orang akan terjaga di siang hari untuk beraktivitas dan tertidur di malam hari. Namun, apakah tidur kita di malam hari adalah tidur yang berkualitas? Ataukah hanya sekedar tidur untuk memenuhi kebutuhan tubuh untuk beristirahat saja? Sebenarnya, selain dari waktu tidur yang cukup, kualitas tidur ini juga sangatlah penting untuk diperhatikan.


Tidak sulit untuk menandakan apakah tidur kita berkualitas atau tidak, yaitu dengan melihat kondisi kita ketika bangun di pagi hari. Jika tidur kita berkualitas, maka saat terbangun di pagi hari seluruh rasa lelah baik di tubuh maupun otak kita telah hilang dan kita benar-benar merasa segar.

Tidur yang berkualitas ini akan sangat penting, karena dapat membuat tubuh dan otak kembali segar dan siap untuk beraktivitas. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mendapatkan tidur yang berkualitas:
  • Buat lingkungan yang nyaman
Lingkungan sangat berpengaruh bagi kualitas tidur kita. Tingkat kebisingan, cahaya, suhu, kondisi kamar dan berbagai hal lainnya akan mempengaruhi kualitas tidur kita. Misalnya saja kita harus terbangun dimalam hari untuk mengecilkan suhu AC karena merasa kedinginan, suara bising yang mengganggu tidur kita, cahaya yang menyilaukan mata kita meskipun saat terpejam.
  • Buat jadwal tidur
Buat jadwal tidur kita, dan jangan melanggar jadwal tersebut. Jika kita memiliki jadwal tidur jam 11 malam, maka selesaikan segala aktivitas sebelum jam 11 malam. Terutama jika aktivitas yang dikerjakan membuat otak kita bekerja dengan keras. Karena, otak membutuhkan waktu untuk dapat merasa tenang hingga kita tertidur dengan nyenyak.
  • Berolahraga teratur
Berolahraga dengan teratur dapat meningkatkan kualitas tidur kita. Namun, ingatlah bahwa olahraga ini tidak dilakukan saat kita akan tidur.
  • Atur waktu tidur siang
Bagi yang memiliki kebiasaan tidur siang, atur waktu tidur siang dengan baik. Tidur siang yang terlalu lama dapat membuat kita mengalami kesulitan untuk tidur dimalam harinya.
  • Matikan Elektronik
Layar televisi, komputer atau handphone yang masih menyala dan mengarah pada kita dapat mengganggu kualitas tidur kita, dan bahkan dapat membuat kita sulit tidur. (Taz)

Comments