Pentingnya Tidur yang Cukup di Malam Hari


Malam hari merupakan waktu yang sangat penting untuk beristirahat. Waktu tidur yang baik bagi orang dewasa dalam keadaan sehat adalah sekitar 7 hingga 8 jam sehari. Namun masalah sulit tidur terkadang membuat kita menjadi mengabaikan waktu istirahat kita. Padahal, tidur yang cukup ini sangatlah bermanfaat untuk kesehatan kita.

Selain bermanfaat untuk menenangkan pikiran dan tubuh, pada saat kita tidur di malam hari ada beberapa hormon dalam tubuh kita yang hanya akan bekerja pada saat kita sedang dalam kondisi tidur. Karena itulah, tidur di waktu yang tepat dan cukup adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Selain dari hal diatas, ada banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan dengan beristirahat yang cukup dimalam hari, antara lain:
  • Meningkatkan konsentrasi
Saat kita beristirahat di malam hari, maka otak akan beristirahat setelah lelah digunakan saat beraktifitas di siang hari. Otak yang mendapatkan waktu istirahat yang cukup, akan kembali segar dan siap untuk digunakan ketika kita bangun di pagi hari. Waktu tidur yang kurang, dapat membuat otak tidak dapat beristirahat maksimal dan dapat mengurangi konsentrasi kita saat beraktivitas keesokan harinya.
  • Meningkatkan memori
Orang yang memiliki waktu tidur, akan dapat memiliki ingatan yang lebih baik dibandingkan seseorang yang waktu tidurnya kurang. Saat kita terjaga, otak akan bekerja sangat keras untuk mengingat berbagai hal. Saat kita sedang beristirahat, ingatan tersebut akan semakin kuat.
  • Menjauhkan dari rasa stress
Waktu istirahat yang cukup akan membuat seseorang merasa segar ketika bangun di pagi hari. Tidak hanya pikirannya yang kembali segar, tetapi juga kondisi tubuh kita. Sehingga saat kita beraktivitas setelah bangun, emosi kita akan lebih stabil.
  • Mempercantik kulit
Selama proses tidur dimalam hari, sel-sel tubuh kita akan diregenerasi. Proses metabolisme kulit akan semakin cepat dan sel-sel tubuh akan mengalami peningkatan produksi juga mengurangi kerusakan protein. Hal inilah yang membuat tidur menjadi berpengaruh positif bagi kulit.
  • Mempengaruhi Berat Badan
Saat kita tidak tidur pada waktunya beristirahat, akan membuat kita merasa lapar dan akhirnya mengkonsumsi banyak karbohidrat. Hal ini akan mengganggu selera makan kita, dan akan berpengaruh buruk bagi berat badan kita.

Selain dari waktu tidur yang cukup, kualitas tidur juga merupakan hal yang sangat penting. Karena, tidur dalam waktu yang lama namun tidak berkualitas juga dapat mempengaruhi kesehatan. Karena itulah, penting untuk mengetahui bagaimana cara mendapatkan tidur yang berkualitas. (Taz)

Comments