Mengapa Kita Mengalami Sulit Tidur?


Meskipun semua orang membutuhkan tidur, namun tidak semua orang bisa tidur dengan mudah pada waktunya. Banyak orang yang sudah berusaha mengatasi sulit tidur, namun mereka masih saja mengalami kesulitan untuk tidur. Bahkan, tidak jarang mereka baru bisa tertidur ketika sudah dini hari sementara mereka harus kembali beraktivitas keesokan harinya, sehingga mereka tidak cukup beristirahat dimalam hari.
Akibatnya, mereka menjadi lesu dan tidak bersemangat. Konsentrasi saat beraktivitaspun menjadi menurun, dan emosi menjadi tidak stabil.

Hal-hal kecil yang terjadi bisa menjadi masalah besar bagi mereka. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang mengalami masalah sulit tidur, antara lain:
  • Faktor Medis
Ketika seseorang sedang mengalami suatu penyakit tertentu, ada kemungkinan orang tersebut akan mengalami sulit tidur. Misalnya saja ketika seseorang sedang demam tinggi, biasanya orang tersebut akan menjadi sulit untuk dapat ttidur dengan tenang.
  • Faktor Psikiatris
Orang yang sedang mengalami masalah psikis dapat mengalami sulit tidur. Misalnya saja ketika seseorang sedang menderita stres akibat pekerjaan atau masalah keluarga. Rasa panik dan cemas yang berlebihan juga bisa menyebabkan seseorang menjadi sulit tidur.
  • Faktor Lingkungan
Lingkungan yang terasa kurang nyaman akan sangat mempengaruhi tidur kita. Misalnya saja jika kita tinggal di lingkungan yang memiliki tingkat kebisingan yang tinggi, bisa membuat kita menjadi sulit untuk tidur. Apalagi, pada beberapa orang yang sangat sensitif terhadap lingkungan. Selain suara, kenyamanan tempat tidur, pencahayaan dan berbagai hal lain disekitar kita dapat membuat kita menjadi sulit untuk tidur.
  • Faktor Lain
Masih banyak faktor lain yang menyebabkan kita menjadi sulit tidur. Misalnya saja, kebiasaan kita minum minuman yang bersifat simultan sehingga membuat kita sulit tidur.  Kebiasaan kita untuk melewatkan jadwal tidur kita karena beraktivitas (misalnya menonton tv hingga tengah malam) juga dapt membuat kita terbiasa tidur malam, dan akhirnya kita akan kesulitan tidur diwaktu normal.

Mengetahui penyebab kita mengalami sulit tidur sangatlah penting untuk membantu kita mencari tahu cara mengatasinya yang tepat. (Taz)

Comments