Friday, March 13, 2015

Lebih Baik Laptop atau PC?

Leave a Comment

Komputer adalah salah satu teknologi yang dibutuhkan oleh masyarakat umum saat ini. Bagi anak sekolah
komputer biasanya digunakan untuk mengerjakan berbagai tugas sekolahnya, sementara bagi perusahaan komputer digunakan untuk melakukan berbagai pekerjaan. Ada banyak orang yang memilih untuk menggunakan PC (Personal Computer) untuk kebutuhan komputernya. Namun, banyak juga yang memilih untuk menggunakan laptop. Bahkan, banyak juga yang memiliki keduanya untuk memenuhi kebutuhannya.

Tentunya mereka memiliki alasannya masing-masing sebelum membeli komputer yang tepat. Agar tidak salah untuk memilih antara laptop atau PC yang kita butuhkan, berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari PC dan laptop:
  • PC (Personal Computer)
Lebih stabil dan memiliki kemampuan yang lebih besar dibandingkan laptop untuk melakukan beberapa pekerjaan berat, seperti game dan desain grafis. Lebih mudah untuk di upgrade dan harganya lebih murah dibandingkan dengan laptop. Karena itulah, bagi yang senang menggunakan aplikasi yang cukup berat, umumnya lebih menyukai PC dibanding laptop.

Namun, ukurannya yang cukup besar dan banyakkomponen di dalamnya (layar, CPU, Mousse, Keyboard) membuat PC membutuhkan ruang yang cukup luas. Posisi peletakkan setiap komponennya juga harus diatur agar PC dapat bekerja maksimal. Selain itu, akan ada banyak kabel yang menghubungkan satu bagian ke bagian lainnya, akan membuat PC terlihat lebih berantakan (Jika tidak mampu mengaturnya).
  • Laptop
Laptop tersedia dengan berbagai ukuran, dari yang kecil hingga cukup besar. Namun, karena hanya terdiri dari dua bagian saja, laptop sangat mudah untuk di bawa kemanapun. Kita hanya perlu membawa laptop dan chargernya jika kita ingin bepergian. Namun, lpatop juga memiliki kelemahan. Laptop akan lebih awet jika hanya digunakan untuk melakukan pekerjaan ringan dan dalam jangka waktu sebentar. Menggunakan laptop secara berlebihan akan dapat membuat laptop menjadi cepat rusak. Selain itu, baterai merupakan sumber listrik utama pada laptop. Jika baterai laptop habis dan tidak ada sumber listrik lain (stop kontak) disekitar kita, maka laptop tidak dapat digunakan.

Menggunakan PC ataupun laptop dapat kita pilih sesuai dengan kebutuhan kita. Akan tetapi, apapun yang kita pilih tetaplah ingat untuk melakukan perawatan komputer secara rutin agar komputer menjadi awet. (Taz)

0 komentar:

Post a Comment

.