Thursday, March 12, 2015

Membeli Komputer yang Tepat

Leave a Comment

Komputer tidak hanya digunakan di perkantoran saja, tetapi juga untuk kebutuhan sehari-hari di rumah. Bahkan, tidak jarang ada keluarga yang memiliki komputer lebih dari satu di rumahnya. Komputer memang sangat bermanfaat untuk membantu kita mengerjakan berbagai tugas. Jika dulu saat kita akan membuat laporan kita harus menulis, sekarang dengan komputer kita bisa mengerjakannya dalam waktu yang lebih cepat dan hasil yang lebih rapih. Begitupula ketika kita ingin mendesain gambar, kita bisa memanfaatkan komputer daripada harus menggambar secara manual.
Banyaknya pilihan komputer dan spesifikasi yang tersedia membuat seseorang terkadang bingung untuk menentukan yang paling sesuai untuknya. Berikut ini, adalah beberapa tips saat akan membeli komputer untuk keperluan pribadi:
  • Tujuan
Apa tujuan kita membeli komputer akan sangat menentukan jenis komputer yang sebaiknya kita pilih. Jika komputer akan digunakan untuk menjalankan program berat seperti desain grafis atau game online yang mengambil memori cukup besar, maka membeli laptop bukanlah pilihan yang tepat. Kecuali, jika kita membeli laptop khusus yang memang di siapkan untuk berbagai program tersebut, namun harganya jelas cukup tinggi bila dibandingkan dengan membeli komputer berbentuk PC (Personal Computer).

Tujuan penggunaan juga akan sangat berpengaruh pada spesifikasi komputer yang akan kita beli. Jika aplikasi yang akan kita gunakan menggunakan spesifikasi sangat tinggi, maka kita juga harus membeli komputer dengan spesifikasi yang tinggi.
  • Budget
Berapa batas maksimal kemampuan kita membeli komputer tentunya harus di pertimbangkan. Semakin tinggi spesifikasi komputer, maka akan semakin tinggi pula harganya. Jangan memaksakan diri membeli komputer dengan spesifikasi yang sangat tinggi jika kita memang belum memiliki kemampuan untuk itu. Apalagi, jika ternyata komputer yang kita beli hanya untuk keperluan administrasi yang tidak memerlukan spesifikasi sangat tinggi.
  • Mobilitas
Bagi yang sering bepergian dan membutuhkan komputer untuk di bawa, jelas membeli PC bukanlah pilihan yang tepat. Jika kita memang memiliki tingkat mobilitas yang cukup tinggi, maka sebaiknya membeli laptop dibandingkan PC. (Taz)

0 komentar:

Post a Comment

.