Saturday, March 14, 2015

Rawat Komputer dengan Cara yang Tepat

Leave a Comment

Komputer merupakan hal yang sangat umum dimiliki saat ini. Baik berbentuk PC (Personal Computer)maupun Laptop. Untuk berbagai kebutuhan, komputer ini sangatlah bermanfaat.
Baik untuk anak dalam usia sekolah, maupun untuk keperluan bisnis atau pekerjaan. Dengan menggunakan komputer, berbagai pekerjaan yang berkaitan dengan administrasi akan terasa menjadi semakin mudah.
Komputer merupakan salah satu teknologi yang sangat bermanfaat untuk membantu pekerjaan kita, karena itulah penting untuk merawat komputer dengan baik agar selalu dapat bekerja dengan baik. Perawatan ini tentunya tidak hanya dilakukan pada software komputer saja, tetapi juga pada hardware komputer. Berikut ini adalah cara untuk merawat komputer, antara lain:
  • Posisi
Jangan asal daam meletakkan komputer kita. Jika kita menggunakan PC, letakkan PC pada tempat yang tidak terlalu tertutup khususnya pada bagian jalur ventilasi. Pada bagian inilah udara panas pada komputer akan keluar. Jika bagian ini tertutup, maka udara panas dapat berkumpul di dalam sehingga dapat membuat komputer menjadi panas dan bahkan menyebabkan kerusakan. Bagi yang menggunakan laptop, jangan gunakan di atas busa, kasur atau sejenisnya. Jika kita memang akan menggunakan diatas kasur, gunakan meja kecil sebagai alas komputer. Tujuannya agar lubang ventilasi tidak tertutup dan udara panas dapat mengalir keluar.
  • Kebersihan
Kebersihan komputer harus selalu dijaga. Tidak hanya kebersihan bagian luar yang terlihat saja, kebersihan komponen dalamnya pun harus tetap dijaga. Bersihkan bagian luar komputer untuk membersihkan komputer dari debu yang menempel. Kemudian, buka casing komputer dan bersihkan komponen bagian dalamnya. Gunakan vacuum khusus untuk membersihkannya, atau kita juga bisa menggunakan kuas berukuran kecil saat membersihkannya. Bersihkan komponen dengan berhati-hati. Dan pastikan untuk membersihkan lubang ventilasi serta kipas agar proses pendinginan komputer berjalan dengan baik. Hal ini berlaku juga untuk laptop.
  • Antivirus
Gunakan antivirus yang terbaik (menurut kita) untuk menjaga komputer kita (software) dari ancaman virus. Menggunakan antivirus berbayar biasanya akan lebih ampuh untuk menangani berbagai virus, namun saat ini juga banyak tersedia antivirus free yang cukup bagus untuk mngamankan komputer kita dari ancaman virus.
  • Aplikasi
Kita harus mengetahui dengan baik spesifikasi komputer kita. Jangan menginstall aplikasi yang membutuhkan spesifikasi di atas komputer kita, karena akan membuat komputer kita menjadi harus bekerja keras. Install aplikasi yang sesuai dengan spesifikasi komputer kita akan membuat komputer kita lebih awet. (Taz)

0 komentar:

Post a Comment

.