Anime Tahun 90 hingga 2000-an (Part 1)

Anime merupakan berbagai film maupun serial animasi yang berasal dari Jepang. Meskipun tidak semua anime merupakan adaptasi dari manga (komik Jepang), namun cukup banyak anime yang berasal dari manga. Anime di Indonesia sendiri sebenarnya telah masuk sejak tahun 1980-an, hanya saja saat itu masyarakat masih banyak yang lebih tertarik dengan animasi atau kartu buatan Eropa dan merika. Karena itulah, jam tayang anime saat itu masih sangat sedikit. Apalagi, saat itu di Indonesia hanya terdapat satu stasiun televisi saja, yaitu TVRI.

Anime mulai mendapat masa kejayaannya ketika memasuki tahun 90-an, disaat sudah terdapat beberapa stasiun Tv lain selain TVRI. Berbagai stasiun televisi ini, mulai menayangkan anime sebagai salah satu acara utamanya. Bahkan, salah satu stasiun televisi menayangkan anime selama beberapa jam non-stop dari pagi hingga siang setiap hari minggu. Maka wajarlah, kalau anak-anak kecil di tahun itu akan lebih senang menghabiskan waktunya di depan televisi daripada harus keluyuran ke luar rumah. Namun, meskipun anime ini ditujukan sebagai tontonan anak-anak, ada baiknya jika orangtua tetap mendampingi anaknya saat menyaksikan anime. Karena, ada beberapa adegan dalam anime yang mempengaruhi perilaku anak-anak.

Beberapa anime yang tayang di tahun 90-an dan awal 2000 ini, bahkan masih ada yang tetap tayang hingga saat ini. Berikut ini, adalah beberapa anime yang tayang di tahun 90-an dan awal 2000  yang merupakan anime kesukaan saya:
  • Sailor moon
Penggemar sailor moon, pasti sudah tidak asing dengan kalimat “Dengan kekuatan bulan, akan menghukummu”. Kalimat ini selalu diucapkan oleh Usagi setiap kali berubah menjadi sailor moon untuk membasmi monster-monster jahat. Bahkan, saat ini kalimat ini juga masih sering diucapkan dalam beberapa acara televisi. Selain tokoh sailor moon, masih banyak tokoh sailor lainnya yang kebanyakan diambil dari nama planet, seperti salor mars, sailor venus, sailor pluto, dan masih banyak lagi (kecuali planet bumi).


  • Cardcaptor Sakura
Anime ini menceritakan petualang seorang murid SD bernama Sakura Kinomoto. Gadis ini memiliki kemampuan untuk mengumpulkan kartu-kartu dengan kekuatan magic. Dengan bantuan dari teman sekolahnya yang bernama Syaoran Li, Sakura bertualang untuk mengumpulkan seluruh magical card yang hilang.






  • Wedding Peach
Tidak jauh berbeda dengan sailor moon, wedding peach merupakan anime yang menceritakan tentang tokoh anak perempuan yang memiliki kemampuan untuk melawan kejahatan. Hanya saja, dalam wedding peach ini, kostum yang digunakan saat membasmi kejahatan yaitu baju pengantin. Namun, jika dibutuhkan mereka bisa merubah kostum mereka menjadi kostum khusus untuk digunakan melawan kejahatan.





  • Detective Conan
Anime yang satu ini tidak hanya terkenal di era 90-an saja, tetapi juga terkenal hingga saat ini. Menceritakan seorang anak SMA bernama Shinichi Kudo yang juga merupakan detektif yang cukup terkenal, namun harus rela kembali menjadi anak SD akibat obat yang diminumkan oleh anggota organisasi rahasia kepadanya. Meskipun bertubuh seperti anak SD, namun Shinichi tetap menjadi seorang detektif dan berhasil mengungkap berbagai kasus kejahatan. Namun, demi keselamatannya Shinichi harus rela merubah namanya menjadi Conan Edogawa.





Sekian dulu pembahasan anime bagian pertama. Anime apa saja yang menjadi kesukaan kalian sewaktu kecil? (Taz)

Comments