Berbagai Alat Berat Kehutanan

Kayu merupakan salah satu material yang selalu dibutuhkan dalam kehidupan manusia. Berbagai furniture kita gunakan di rumah, sebagian besarnya merupakan hasil olahan dari kayu. Apalagi, semakin banyak orang yang tertarik membangun rumah dengan konsep back to nature, yang tentunya akan membutuhkan material kayu dalam jumlah yang lebih besar bila dibandingkan dengan konsep rumah modern. Untuk memenuhi kebutuhan kayu yang semakin meningkat ini, tidak mungkin jika penebangan pohon dilakukan secara manual. Selain tenaga manusia yang memiliki keterbatasan, penebangan kayu akan membutuhkan waktu lebih lama. Untuk mengatasi masalah ini, perusahaan Jual Alat Berat menyediakan berbagai alat berat untuk sektor kehutanan. Alat berat ini memiliki fungsi khusus yang berkaitan dengan berbagai pekerjaan kehutanan. Misalnya saja seperti penebangan pohon, pembersihan lahan, dan berbagai pekerjaan lainnya. Dengan menggunakan alat berat seperti ini, tentunya pekerjaan yang dilakukan akan lebih cepat bila dibandingkan dengan melakukannya secara manual.


Berikut ini adalah beberapa alat berat kehutanan:

  • Feller Buncher

Feller buncher merupakan alat berat yang digunakan untuk menebang pohon. Alat berat ini dapat memotong batang pohon dengan kecepatan tinggi dan kemudian mengumpulkannya dalam satu lokasi. Feller buncher memiliki pencengkram pohon yang dilengkapi gergaji atau pisau pada bagian bawahnya, sehingga pohon yang telah ditebang akan langsung dicengkram oleh pencengkram pohon dan kemudian dikumpulkan di satu lokasi yang sama untuk kemudian diproses.
  • Forwarder

Forwarder digunakan untuk mengangkut pohon yang telah ditebang, dan kemudian membawanya ke lokasi yang lain. Alat ini sering digunakan untuk mengangkut potongan pohon yang telah bersih dan siap untuk diproses.
  • Harvester

Harvester merupakan sebuah alat berat yang memiliki beberapa fungsi sekaligus. Tidak hanya berfungsi untuk menebang pohon saja, tetapi juga memiliki fungsi cut-to-length (memotong batang pohon dengan panjang tertentu) dan juga fungsi debarker (menguliti batang pohon).
  • Loading Machine

Loading machine merupakan sebuah alat berat yang memiliki fungsi untuk memuat batang pohon ke dalam truk maupun barge. Machine ini merupakan modifikasi excavator yang dilengkapi dengan attachment pencengkeram pohon yang dikenal dengan Fix Log Grapple maupun Rotary Log Grapple. (Taz)

Comments