Berbagai Manfaat Mengonsumsi Makanan Pedas

Siapa yang suka makanan pedas? Pasti banyak. Aku sendiri termasuk pecinta makanan pedas. Banyak orang yang bilang, kalau makan makanan yang terlalu pedas, nanti bisa sakit perut, atau gak bagus buat
kesehatan. Tapi ternyata, makanan pedas gak cuma punya efek negatif aja loh, banyak juga manfaat dari makanan ini untuk kesehatan kita. Berikut ini, adalah beberapa manfaat dari makanan pedas untuk tubuh kita:

  • Menurunkan berat badan
Untuk kalian yang ingin menurunkan berat badan, makanan pedas ini bisa membantu usaha kalian. Hal ini disebabkan karena senyawa utama cabai yang bernama capsaicin memiliki efek termogenik dan meningkatkan proses metabolisme tubuh. Dengan ini, maka jumlah kalori yang terbakar akan lebih banyak daripada kondisi normal.
  • Mencegah kanker
Menurut dari American Association for Cancer Research, kandungan capsaicin pada cabai dapat membunuh sel-sel kanker dan leukemik. Selain pedas yang dihasilkan oleh cabai, rasa pedas yang dihasilkan oleh lada dan rempah-rempah lainnya juga bermanfaat untuk memperlambat pertumbuhan sel kanker.
  • Mengurangi peradangan sendi dan kerusakan tulang
Senyawa turmeric dalam makanan pedas (yang ada dalam kari) memiliki kemampuan untuk mengurangi peradangan sendidan kerusakan tulang pada tubuh manusia.
  • Menurunkan tekanan darah
Vitamin A dan C pada cabai dapat mmperkuat dinding otot jantung, dan panas dari lada dapat melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh.
  • Mencegah parkinson
Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Annals of Neurology menemukan bahwa mengonsumsi lada secara rutin 2 kali seminggu dapat mengurangi risiko seseorang terkena penyakit parkinson. Hal ini terkait dengan kandungan nikotin dalam lada, yang berfungsi untuk mencegah kerusakan saraf. Namun, nikotin ini jika dikonsumsi secara berlebihan akan berdampak buruk bagi kesehatan. Karena itulah, sebaiknya berikan batasan dan jangan mengonsumsi secara berlebihan.
  • Meningkatkan nafsu makan
Nah ini yang paling penting, yaitu makanan pedas sangat bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan (bagi pecintanya). Bahkan, banyak orang yang rela membayar lebih mahal untuk mendapatkan sensasi pedas yang berada diatas batas kewajaran.

Rasa pedas yang didapatkan dari cabai ataupun lada, keduanya memiliki manfaat bagi tubuh. Namun, hal ini berlaku jika dikonsumsi dalam batas yang wajar. Jika dikonsumsi secara berlebihan, justru dapat berdampak negatif bagi tubuh. (Taz)

Comments