Hal Penting yang Harus Diperhatikan Pada Tangga

Saat sedang membangun atau merenovasi rumah, tentunya ada banyak sekali hal yang harus dipikirkan. Dari mulai harga pagar panel beton untuk pagar rumah, kanopi pada carpot, desain ruangan, dan tangga untuk rumah tingkat. Mengapa tangga menjadi hal yang penting? Alasannya sederhana, yaitu karena semakin banyak orang yang mulai tertarik dengan rumah dua lantai atau lebih, dan tentunya akan membutuhkan tangga sebagai penghubung antar lantainya.
Hal Penting yang Harus Diperhatikan Pada Tangga

Sayangnya, banyak orang yang mengabaikan hal penting pada tangga, dan menganggapnya tidak penting. “Yang penting ada tangga”, itulah yang umumnya mereka pikirkan. Padahal, tangga adalah salah satu lokasi dimana kecelakaan cukup sering terjadi, jadi tidak bisa diabaikan begitu saja.
Berikut ini, adalah beberapa hal penting yang harus diperhatikan pada tangga, karena berkaitan dengan keselamatan:

  • Anak tangga

Istilah ini pasti sudah sangat sering terdengar, karena anak tangga adalah komponen yang terlihat dan pasti ada pada setiap tangga. Anak tangga ini merupakan lokasi tempat kita berpijak. Anak tangga ini bisa terbuat dari beton, kayu, marmer, lantai dan beberapa material lain. Namun, sebaiknya pilihlah material yang tidak licin, untuk menghindari terpeleset saat sedang naik dan turun tangga.

  • Induk tangga

Setiap tangga pasti memiliki induk tangga, karena berfungsi sebagai penyangga setiap anak tangga. Pada beberapa model tangga, induk tangga ini terlihat. Namun, pada anak tangga yang dibuat melayang induk tangga biasanya tersembunyi dibagian bawah anak tangga. Karena berfungsi sebagai penyangga, maka pastikan induk tangga ini tidak dibuat asal-asalan, karena akan sangat berbahaya jika induk tangga tidak lagi mampu menopang beban yang berada di atasnya.

  • Railling

Ini adalah bagian yang seringkali diabaikan oleh para pembuat tangga. Bahkan banyak yang dengan sengaja tidak menggunakannya dengan alasan keindahan. Memang, terkadang railling ini bisa mengurangi keindahan tampilan tangga, namun bagian ini sangatlah penting sebagai tempat kita berpegang saat naik dan turun tangga.

  • Ruang kosong

Ruang ini maksudnya adalah ruang kosong yang berada di atas anak tangga terakhir dan ruang kosong di bawah sebelum anak tangga pertama. Meskipun terlihat sederhana, namun hal ini sangatlah penting. (Vita)

Comments