Beberapa Hal yang Mengganggu Produktivitas Kerja di Kantor

Tidak bisa disangkal, satu hal yang sering menghambat produktivitas Anda ketika bekerja adalah adanya distraksi kuat. Anda yang bekerja di office tower mega kuningan ini pastinya tahu benar dengan distraksi-distraksi tersebut. Kerjaan yang harus Anda selesaikan sudah menumpuk, namun godaan yang ada di sekitar Anda begitu kuat untuk ‘menjauhkan’ Anda dari kerjaan-kerjaan tersebut. Akibatnya, Anda menjadi tidak produktif dan terpaksa harus bekerja hingga larut agar pekerjaan bisa selesai. Nah, sebaiknya jauhi sumber distraksi di kantor berikut ini agar Anda bisa bekerja secara produktif.

  1. Ponsel. Bukan menjadi rahasia umum jika ponsel merupakan sumber distraksi paling kuat sepanjang masa. Puluhan chats di grup yang menunggu untuk dibaca, notifikasi dari sosial media, hingga keinginan untuk membuka ponsel sepanjang waktu merupakan masalah serius yang sering dihadapi oleh karyawan. Oleh sebab itu, nggak heran jika banyak karyawan yang memilih untuk mematikan paket internet mereka atau sengaja menyimpannya di dalam tas untuk menghindari distraksi tersebut.
  2. Browser. Bagi Anda yang harus terkoneksi dengan internet sepanjang waktu, godaan yang paling besar ketika bekerja adalah browser! Sambil mengecek email kantor, tidak sekali dua kali Anda membuka new tab untuk membaca artikel-artikel menarik, berbelanja di online shop, atau bahkan streaming video! Kalau sudah begini, rasanya waktu berjalan dengan sangat cepat deh! Lantas, gimana ya caranya supaya Anda tidak terjebak dalam kesalahan yang sama? Anda bisa memulainya dengan membuka tab yang berhubungan dengan pekerjaan saja pada laman browser dan menahan diri untuk tidak membuka laman lainnya.
  3. Obrolan di kubikel sebelah. Akrab dengan karyawan yang duduk di dekat kubikel Anda? Sebaiknya Anda berhati-hati. Sebab, Anda akan sering tergoda untuk mengobrol dengan mereka dan juga melontarkan candaan-candaan! Tanpa disadari, hal ini bisa membuat pekerjaan Anda terhambat, lho. Apalagi jika atasan Anda sedang tidak ada di kantor dan obrolan dengan teman kubikel sebelah sedang asyik-asyiknya. Ugh, jangan kaget begitu melihat jam di dinding sudah menunjukkan jam pulang kantor tapi pekerjaan belum selesai! Oleh sebab itu, pandai-pandailah menahan diri untuk tidak berkomunikasi dengan teman sebelah kalau pekerjaan Anda belum selesai. Cara menghindarinya? Bisa dengan menggunakan earphone untuk memblokir obrolan-obrolan tersebut.
  4. Camilan. Yap, siapa sangka kalau camilan bisa menghambat produktivitas di kantor? Padahal, beberapa sumber menyebutkan bahwa camilan membuat para pekerja lebih konsentrasi dan juga lebih fokus karena sifatnya yang mampu mengganjal rasa lapar. Hmm, pendapat itu mungkin benar adanya. Akan tetapi, sebaiknya batasi jumlah camilan yang disediakan untuk bekerja. Sebab, jika meja Anda penuh dengan camilan, Anda pun akan selalu tergoda untuk mengambilnya alih-alih mengerjakan pekerjaan Anda.

Selain empat hal di atas, apa yang selalu menjadi sumber distraksi bagi Anda saat bekerja? (Tr)

Comments