Benda Penting Saat Perjalanan Mudik

Ketika mendengar kata mudik, pasti yang pertama terpikirkan adalah kemacetan panjang yang harus dihadapi. Bahkan, ada loh yang bilang bahwa mudik tanpa macet itu, bukan mudik namanya. Cuma pulang kampung biasa. Yap, mudik memang identik dengan yang namanya macet. Bahkan, jika mobil yang kamu gunakan mudik tidak dilakukan perawatan dengan baik, mobil sebagus Mitsubishi Pajero Sport pun bisa jadi mengalami masalah saat menghadapi kemacetan yang sangat parah saat arus mudik ini. Karena itulah, penting untuk dilakukan perawatan dan pemeriksaan sebelum memulai perjalanan mudik.

Selain melakukan perawatan mobil, ada hal yang tidak kalah pentingnya saat perjalanan mudik, yaitu beberapa benda penting yang harus ada saat perjalanan mudik. Sayangnya, benda ini terkadang justru seringkali diabaikan. Meskipun tetap berada di dalam mobil, namun terkadang tidak diketahui keberadaannya. Atau, bisa juga tertumpuk oleh beragam benda lain yang dibawa saat mudik, akibatnya kita akan merasa kesulitan saat membutuhkannya. Beberapa benda ini adalah:

  • Kotak perkakas

Kotak perkakas ini berisi beragam macam perkakas yang akan bermanfaat saat mobil mengalami masalah pada mesin. Isinya beragam dan bisa saja berbeda pada setiap kotak, karena ini bukanlah bawaan dari mobil langsung. Kamu harus membeli kotaknya dan kemudian mengisinya dengan berbagai perkakas yang mungkin akan kamu butuhkan. Misalnya seperti tang, obeng, kunci inggris, dan sebagainya.

  • Kotak P3K

Biasanya saat kamu membeli kotak ini, sudah ada isinya berupa betadine, minyak kayu putih, perban, dan beberapa obat standar lainnya. Kotak ini sangatlah penting, karena kamu kan nggak tahu kapan kamu akan mengalami hal yang tidak diharapkan. Misalnya saja ketika kamu sedang mengambil sesuatu lalu tanganmu tergores. Setidaknya kamu akan membutuhkan betadine untuk mengobati tanganmu kan?

  • Tanda Segitiga

Tahu tanda segitiga yang sering dipasang ditepi jalan ketika ada mobil yang bermasalah? Tanda segitiga ini biasanya akan menyala merah ketika suasana gelap dan terkena pantulan sinar. Tanda ini berguna untuk memperingatkan pengguna jalan lainnya bahwa beberapa meter didepannya terdapat mobil yang berhenti karena suatu masalah, bisa karena mogok atau juga karena ban yang pecah sehingga harus diganti.

Ketika dalam perjalanan, terkadang kamu juga akan menemui razia dari kepolisian lalu lintas, dan jangan kaget ketika mereka memintamu untuk menunjukkan beberapa benda penting ini. Kalau kamu tidak bisa menunjukkannya, kamu harus siap untuk terkena tilang. Jangan protes jika terkena tilang karena hal ini, sebab ketiga benda ini memanglah penting. Tapi, kalau kamu tidak diingatkan dengan adanya razia, mungkin kamu akan terus menganggapnya tidak penting dan mengabaikannya begitu saja. (Vita)

Comments