Mengenal Perbedaan Internet Banking, Mobile Banking dan SMS Banking

Dengan software perbankan yang semakin canggih kita dapat mengakses berbagai fasilitas seperti internet banking, mobile banking dan sms banking. Ketiga fasilitas ini tentunya dirancang agar nasabah dapat mempermudah nasabah melakukan transaksi perbankan. Lalu apa yang mebedakan ketiga fasilitas ini? Untuk Anda yang belum tahu, Anda bisa simak penjelasan di bawah ini. (sc:bisnis.liputan6)
elektronik banking
Source: timeandupdate

  • M-Banking

M-banking merupakan fasilitas bisa didapatkan nasabah dengan cara mendownload aplikasi di mobile atau smartphone. Setelah mendownload aplikasi. Cara agar dapat menggunakan m-banking pun berbeda-beda tergantung jenis banknya. Untuk menjalankan fitur-fiturnya, m-banking menggunakan sistem OTP (one-time password) yang dikirim melalui sms ke kartu SIM yang telah didaftarkan. Fitur-fitur yang terdapat dalam m-banking di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Transfer dana
  2. Pembayaran tagihan (kartu kredit, listrik, internet, dan lain-lain)
  3. Pembelian pulsa
  4. Informasi rekening 
  5. Informasi kurs


  • I-Banking

Selain m-banking, ada juga i-banking yang memanfaatkan internet. Perbedaanya i-banking dengan m-banking terletak di fitur-fitur yang disediakan dan i-banking tidak perlu di-download dahulu seperti m-banking. Berikut fitur-fitur i-banking yang bisa Anda gunakan:

  1. Informasi rekening dan kartu kredit yang lebih detail termasuk rekening giro, tabungan rencana dan lain-lain.
  2. Informasi kurs.
  3. Transfer dana, bahkan mencakup transfer yang terjadwal.
  4. Pembayaran tagihan

Kurang lebih perbedaan utama m-banking dan i-banking adalah di fiturnya. Selain itu, sistem pengamanan i-banking juga cukup ketat dibandingkan dengan m-banking.

  • SMS-Banking

SMS-Banking ini mirip dengan fasilitas yang Anda lakukan untuk mengecek pulsa atau membeli paket internet. Ya, SMS-Banking ini memang memilki fitur yang lebih sedikit dibandingkan dengan kedua fasilitas di atas. Namun kelebihannya, SMS-Banking bisa Anda gunakan saat tidak ada koneksi internet sekalipun. Dengan SMS-Banking, Anda bisa mendapatkan fitur-fitur seperti di bawah ini:

  1. Informasi saldo, kurs, dan mutasi rekening
  2. Transfer dana
  3. Pembayaran Tagihan 

SMS-Banking tidak memungkinkan Anda untuk melakukan transfer dan pembelian voucher atau pulsa. Namun fitur-fitur di atas sepertinya sudah cukup membantu. Untuk mengakses SMS-Banking Anda perlu memasukkan kode akses ke no operator yang bersangkutan.

Itu dia perbedaan fasilitas antara m-banking, i-banking, dan sms-banking. Mana yang menurut Anda paling bermanfaat (Rima)

Comments