Tetap Aman Naik Motor Saat Hujan dengan Tips Ini

Musim hujan sebenarnya patut kita syukuri terlepas dari bencana banjir dan terhambatnya aktivitas. Ada kalanya saat kita sedang buru-buru ingin naik motor, namun hujan malah mengguyur jalanan dengan deras. Akibatnya ada beberapa dari kita yang nekat tetap lanjut mengendarai motor di tengah-tengah hujan. Jika Anda salah satu orang yang pernah berkendara saat hujan, jangan lupa pastikan kondisi motor dalam keadaan baik. Gunakan oli samping terbaik agar kondisi motor tetap prima meskipun di kala hujan. Selain itu, utamakanlah keselamatan berkendara dengan mengikuti tips berikut ini.
berkendara motor
Source: motorcycle-central

  • Gunakan Jas Hujan

Yang terpenting dan tidak boleh diabaikan saat mengendarai motor di kala hujan adalah jas hujan. Meskipun hujan tidak terlalu deras, tetaplah bersiap-siap dengan menggunakan jas hujan. Bisa jadi di tengah perjalanan hujan menjadi semakin deras. Pilihlah jenis jas hujan yang tepat dan tidak menghambat gerak tangan dan kaki serta memiliki risiko untuk tersangkut di jari-jari roda. Sebaiknya gunakan jas hujan yang terdiri dari atasan dan celana.

  • Pakai Sepatu

Meskipun tidak hujan, sebenarnya saat naik motor akan lebih aman jika Anda menggunakan sepatu dibandingkan sendal. Kalau bisa gunakanlah sepatu boot yang melindungi seluruh kaki. Bahan dari kulit dan plastik lebih direkomendasikan agar tidak mudah basah dan membuat kaki Anda kedinginan.

  • Usahakan Tetap Terlihat Oleh Pengendara Lain

Di saat hujan, pandangan tentunya menjadi lebih terbatas. Jadi buatlah pengendara lain bisa melihat Anda dengan mudah. Gunakanlah jaket berwarna menyolok atau dengan motif yang reflektif. Jangan lupa juga untuk mengecek apakah lampu motor menyala atau tidak.

  • Gunakan Helm yang Bagus

Kualitas helm juga memengaruhi keamanan saat Anda berkendara. Gunakanlah helm berkualitas yang tidak mudah kotor ketika terkena cipratan air. Semestinya helm seperti ini juga tidak mudah berembun akibat udara atau uap nafas Anda.

  • Tetap Waspada

Yang terakhir, seaman apapun peralatan yang Anda gunakan, tetaplah waspada saat berkendara. Hindarilah gundukan tanah atau lubang, jangan terburu-buru saat menyetir, dan jaga keseimbangan. Kalau hujan terlaru deras, lebih baik meneduh saja dan jangan memaksakan untuk jalan terus.

Semoga bermanfaat! (Rima)

Comments