Yang Harus Diperhatikan Sebelum Menyetujui Kontrak Sewa Apartemen

Interior apartemenBekerja di pusat kota membuat Anda memutuskan untuk mencari unit apartemen Jakarta Selatan yang berada tak jauh dari kawasan kantor Anda. Akses transportasi yang mudah juga menjadi salah satu alasannya. Nah, jika Anda sudah menemukan apartemen yang cocok, jangan langsung terburu-buru menandatangi kontrak perjanjian sewanya, ya. Cek dulu beberapa hal di bawah ini:

  • Teliti terhadap semua hal yang tertulis.

Ini sangat penting sebab kontrak tersebut memiliki nilai hukum. Jika Anda menandatangani tanpa paham semua yang tertulis, hal tersebut bisa menjadi bumerang di kemudian hari. Cek apakah nama Anda sudah benar, alamat tempat tinggal Anda, durasi masa sewa, biaya sewa yang sudah disepakati, deposit yang harus dibayarkan, hingga kapan jatuh tempo pembayarannya. Jika ada hal yang tak Anda mengerti, baiknya langsung tanyakan dan jangan sampai menyesal di kemudian hari.

  • Kenali apa saja yang sudah masuk ke dalam biaya sewa.

Sebelum menyetujui kontraknya, tanyakan pula apa saja yang sudah di¬-cover oleh biaya sewa. Biasanya, biaya sewa yang dibayarkan sudah meliputi biaya air, listrik, maintenance, dan bahkan internet. Namun demikian, tak sedikit juga yang menerapkan biaya sewa only, tanpa semua hal yang disebutkan di atas. Jadi, baiknya tanyakan dulu sampai detail, ya. Anda juga bisa menanyakan masalah biaya parkir jika memiliki kendaraan.

  • Kondisi pengembalian uang deposit.

Uang deposit memang cukup tricky. Sebagian besar pemilik menerapkan uang jaminan atau deposit kepada penyewa untuk berjaga-jaga. Jika Anda mengikuti semua peraturan yang disepakati sampai akhir sewa, uang deposit Anda bisa kembali. Begitu juga sebaliknya, uang deposit Anda bisa saja hangus dan tidak kembali. Inilah yang wajib Anda bicarakan dengan pemilik. Tanyakan kondisi seperti apa yang bisa membuat uang deposit Anda hangus sampai sejelas-jelasnya. Misalnya, jika Anda terpaksa harus pindah sebelum masa sewa berakhir, apakah uang deposit hangus atau dikembalikan.

  • Perawatan unit apartemen.

Sebagai pengguna baru, tentu Anda ingin membuat apartemen menjadi senyaman mungkin dengan mendekorasinya. Namun demikian, Anda perlu berhati-hati. Sebab beberapa pemilik tidak memperbolehkan penyewa untuk memasang wallpaper, mengganti cat, menambahkan paku di dinding, dan hal-hal lainnya. Pelanggaran terhadap hal yang sudah ditetapkan bisa membuat deposit hangus. Untuk itu, jika di dalam kontrak tidak tertulis masalah unit apartemen, baiknya tanyakan dulu. Sebab ada beberapa pemilik yang memperbolehkan penyewa untuk mendekorasi apartemen, asal tidak merusak furnitur.

Itu dia beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menandatangi kontrak sewa apartemen. Semoga membantu, ya!

Comments