Kesalahan Umum saat Berkendara (Part 2)

Untuk kamu yang mau berjalan-jalan dengan mengendarai Mitsubishi Mirage kesayanganmu, selain membaca kesalahan umum saat berkendara part 1, baca juga beberapa hal yang dibahas dalam artikel ini. Mengapa demikian? Karena, beberapa hal ini sering kali dilakukan oleh para pengendara kendaraan apapun (mobil dan motor), dan sebenarnya dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Gak usah berlama-lama lagi, kita langsung bahas saja yuk kesalahan umum saat berkendara part 2.

  • Menyalakan lampu sein adalah hal yang wajib dilakukan oleh para pengendara sebelum belok ke kiri atau ke kanan. Sayangnya, banyak yang mengabaikan penggunaan lampu sein ini. Bahkan, saat ini sangat terkenal sekali kalimat yang mengatakan “Ibu-ibu pengendara motor matic yang pasang sein ke kiri tapi belok ke kanan”. Yap, hal ini bukan hanya sekedar becandaan saja, karena memang hal inilah yang banyak terjadi saat ini. Namun sebenarnya, tidak hanya ibu-ibu saja loh yang sering melakukannya, bapak-bapak, remaja, atau siapapun bisa melakukannya. Hal ini tentunya sangat berbahaya, karena pengendara dibelakang kita akan berpikir  bahwa kita akan berbelok sesuai dengan nyala lampu sein. Ketika mereka ingin menyalip kendaraan kita, mereka akan mendahului kendaraan kita dari arah yang berlawanan dengan lampu sein, sehingga ketika kita tiba-tiba berbelok ke arah yang juga berlawanan dengan lampu sein, akan berisiko terjadinya tabrakan.
  • Ketika berkendara pada malam hari, kita pasti akan menyalakan lampu untuk mempermudah kita melihat jalan. Tapi sebenarnya, ada fungsi lain loh selain mempermudah kita, yaitu sebagai tanda untuk kendaraan lain bahwa ada kendaraan kita di dekatnya. Khusunya jika kendaraan kita berwarna gelap dan tidak terdapat banyak penerangan di lokasi tersebut. Sayangnya, banyak juga yang entah karena alasan apa, tidak menyalakan lampu ketika malam tiba. Akibatnya, pengendara lain terkadang tidak memperhatikan bahwa ada kendaraan kita di dekatnya, dan beresiko terjadinya tabrakan. Biasanya, masalah mengenai lampu ini paling sering ditemukan pada pengendara road dua.

Dua hal yang telah disebutkan tadi mungkin terdengar sederhana, namun sebenarnya sangat membahayakan loh. Jadi, pastikan untuk menggunakan lampu sein sesuai dengan kegunaannya dan menyalakan lampu saat berkendara di malam hari. (Vita)

Comments